Selasa, 04 Agustus 2015

infrared

JARINGAN NIRKABEL INFRARED





Sejarah Infrared


Kurang dari 200 tahun yang lalu keberadaan infrared menjadi bagian dari spektrum elektromagnetik bahkan tidak dicurigai. Makna asli dari spektrum infrared, atau hanya ‘infrared‘ seperti yang sering disebut, sebagai bentuk radiasi panas mungkin kurang jelas hari ini daripada pada waktu penemuannya oleh Herschel pada tahun 1800.
Penemuan ini dibuat secara tidak sengaja saat mencari bahan optik baru. Sir William Herschel-Royal Astronom kepada Raja George III dari Inggris, dan sudah terkenal dengan penemuan planet Uranus-sedang mencari bahan penyaring optik untuk mengurangi kecerahan gambar matahari dalam tata surya teleskop selama pengamatan. Sementara pengujian sampel berbeda dari kaca berwarna yang memberikan kecerahan pengurangan serupa ia tertarik untuk menemukan bahwa beberapa sampel berlalu sangat sedikit panas matahari, sementara yang lain berlalu begitu banyak panas yang ia mengambil risiko kerusakan mata setelah beberapa detik ‘pengamatan.

Herschel segera yakin akan perlunya mendirikan percobaan sistematis, dengan tujuan mencari satu bahan yang akan memberikan pengurangan yang diinginkan kecerahan serta pengurangan maksimum panas. Ia mulai percobaan dengan benar-benar mengulangi percobaan prisma Newton, tetapi mencari efek pemanasan daripada distribusi visual intensitas dalam spektrum. Dia pertama kali hitam bola lampu merkuri yang sensitif dalam kaca termometer dengan tinta, dan dengan ini sebagai detektor radiasi, ia mulai menguji efek pemanasan dari berbagai warna spektrum yang terbentuk di atas meja dengan sinar matahari yang lewat melalui kaca prisma.

kamera CCTV terdapat 1 elemen penting yang dapat meningkatkan kinerja dan performa CCTV itu sendiri. Infrared, satu radiasi elektromagnetik yang dalam unit kamera CCTV tugasnya mengapdatasi gambar dalam ruangan gelap yang sejatinya tidak bisa dengan jelas ditampilkan pada layor monitor menjadi jelas ditempilkan karena telah diadaptasi kedalam mode gambar hitam putih. Bicara mengenai sejarah, inframerah adalah radiasi elektromagnetik dari panjang gelombang lebih panjang dari cahaya tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio. Namanya berarti "bawah merah" (dari bahasa Latin infra, "bawah"), merah merupakan warna dari cahaya tampak dengan gelombang terpanjang. Radiasi inframerah memiliki jangkauan tiga "order" dan memiliki panjang gelombang antara 700  nm dan 1 mm. Inframerah ditemukan secara tidak sengaja oleh Sir William Herschell, astronom kerajaan Inggris ketika ia sedang mengadakan penelitian mencari bahan penyaring optis yang akan digunakan untuk mengurangi kecerahan gambar matahari pada teleskop tata surya

Sinar Infrared akan terlihat, jika dilihat dengan menggunakan spektroskop cahaya dengan begitu maka radiasi cahaya Infrared akan nampak pada spectrum elektromagnet yang mana panjang gelombang di atas panjang gelombang cahaya merah. Dengan adanya panjang gelombang maka cahaya Infrared yang ada, tidak akan terlihat oleh mata telanjang. Walaupun begitu ridiasi yang dihasilkan yaitu panas, akan terasa atau terdetaksi oleh kulit tubuh.

Infrared dapat dibedakan menjadi tiga daerah, yaitu:

  1. Inframerah jarak dekat dengan panjang gelombang 0.75 – 1.5 µm
  2. Inframerah jarak menengah dengan panjang gelombang 1.50 – 10 µm
  3. Inframerah jarak jauh dengan panjang gelombang 10 – 100 µm

Dalam unit kamera CCTV infrared memiliki keunggulan yang sering kita lihat pada tampilan monitor CCTV yang ditangkap oleh kamera pada malam hari. Secara detailnya keunggulan jenis Kamera CCTV infrared adalah ia dapat menangkap video walaupun dalam kegelapan total dan dapat menangkap kualitas video yang lebih baik dalam kondisi cahaya rendah. Sejumlah cahaya yang berada di sekitar lokasi juga akan membantu kemampuan penglihatan kamera IR pada malam hari. Keuntungan kamera CCTV infrared/ inframerah adalah:
Kamera infrared menghasilkan video warna beresolusi tinggi pada siang hari. Keunggulannya adalah ia mampu memberikan gambar yang cukup jelas dalam kondisi lux rendah atau tidak ada cahaya sama sekali.

Pada kondisi cahaya yang rendah, sebuah kamera CCTV infrared akan mampu menerangi lokasi dengan secara otomatis beralih dari mode warna ke hitam putih. Iluminator inframerah akan hidup pada kondisi gelap dan memungkinkan Anda untuk melihat lingkungan sekitar lebih jelas dibandingkan dengan melihat dengan mata manusia biasa.
Bisa digunakan sebagai kamera indoor maupun luar ruangan, kamera cctv infrared memberikan keuntungan yang sangat besar dalam cahaya rendah atau tidak ada cahaya.

Tahan cuaca (weatherproof) dan dapat menahan suhu panas dan dingin walaupun tanpa housing tambahan.
Kamera CCTV infrared indoor menawarkan gambar video yang jelas baik dalam kondisi terang maupun gelap.
Kamera inframerah biasanya di rumah-rumah dan bisnis yang mematikan lampu mereka pada malam hari atau untuk memantau kondisi lingkungan pada malam hari. Fitur lain kamera infrared yaitu memiliki kemampuan untuk beralih dari mode infrared (yang menangkap gambar hitam putih) ke mode warna non-inframerah dengan cepat.
Setelah membahas mengenai sejarah dan jenis infrared kali ini kami akan mengajak Anda mengulasnya lebih mendalam lagi tentang berbagai macam manfaat, keunggulan serta kelemahan si infrared sendiri pada kehidupan kita. Sejak ditemukannya infrared oleh seorang astronom kerajaan Inggris persebarannya sangat pesat. Seluruh dunia langsung mengenalnya dan mulai difungsikan atau dimanfaatkan pada teknologi-teknologi tertentu untuk membantu aktivitas manusia dalam berbagai bidang.
Ternyata banyak sekali instansi ataupun bidang yang menggunkan elemen infrared, berikut adalah manfaat infrared pada bidang-bidang yang sebagian orang tidak mengetahuinya.

Bidang Kesehatan

Mengaktifkan molekul air dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena infrared mempunyai getaran yang sama dengan molekul air. Sehingga, ketika molekul tersebut pecah maka akan terbentuk molekul tunggal yang dapat meningkatkan cairan tubuh.
Meningkatkan sirkulasi mikro. Bergetarnya molekul air dan pengaruh infrared akan menghasilkan panas yang menyebabkan pembuluh kapiler membesar, dan meningkatkan suhu kulit, memperbaiki sirkulasi darah dan mengurani tekanan jantung.
Meningkatkan metabolisme tubuh. jika sirkulasi mikro dalam tubuh meningkat, racun dapat dibuang dari tubuh kita melalui metabolisme. Hal ini dapat mengurangi beban liver dan ginjal.
Mengembangkan Ph dalam tubuh. Sinar infrared dapat membersihkan darah, memperbaiki tekstur kulit dan mencegah rematik karena asam urat yang tinggi.
Infrared jarak jauh banyak digunakan pada alat-alat kesehatan. Pancaran panas yang berupa pancaran sinar infrared dari organ-organ tubuh dapat dijadikan sebagai informasi kondisi kesehatan organ tersebut. Hal ini sangat bermanfaat bagi dokter dalam diagnosis kondisi pasien sehingga ia dapat membuat keputusan tindakan yang sesuai dengan kondisi pasien tersebut. Selain itu, pancaran panas dalam intensitas tertentu dipercaya dapat digunakan untuk proses penyembuhan penyakit seperti cacar. Contoh penggunaan infrared yang menjadi trend saat ini adalah adanya gelang kesehatan. Dengan memanfaatkan infrared jarak jauh, gelang tersebut dapat berperang dalam pembersihan dalam tubuh dan pembasmian kuman atau bakteri.

Bidang komunikasi

Adanya sistem sensor infrared. Sistem sensor ini pada dasarnya menggunakan infrared sebagai media komunikasi yang menghubungkan antara dua perangkat. Penerapan sistem sensor infra ini sangat bermanfaat sebagai pengendali jarak jauh, alarm keamanan, dan otomatisasi pada sistem. Adapun pemancar pada sistem ini terdiri atas sebuah LED infrared yang telah dilengkapi dengan rangkaian yang mampu membangkitkan data untuk dikirimkan melalui sinar infrared, sedangkan pada bagian penerima biasanya terdapat foto transistor, fotodioda, atau modulasi infrared yang berfungsi untuk menerima sinar infrared yang dikirimkan oleh pemancar.
Adanya kamera tembus pandang yang memanfaatkan sinar infrared. Sinar infrared memang tidak dapat ditangkap oleh mata telanjang manusia, namun sinar infrared tersebut dapat ditangkap oleh kamera digital atau video handycam. Dengan adanya suatu teknologi yang berupa filter iR PF yang berfungi sebagai penerus cahaya infrared, maka kemampuan kamera atau video tersebut menjadi meningkat. Teknologi ini juga telah diaplikasikan ke kamera handphone
Untuk pencitraan pandangan seperti nightscoop
Infrared digunakan untuk komunikasi jarak dekat, seperti pada remote TV. Gelombang infrared itu mudah untuk dibuat, harganya relatif murah, tidak dapat menembus tembok atau benda gelap, serta memiliki fluktuasi daya tinggi dan dapat diinterfensi oleh cahaya matahari.
Sebagai alat komunikasi pengontrol jarak jauh. Infrared dapat bekerja dengan jarak yang tidak terlalu jauh (kurang lebih 10 meter dan tidak ada penghalang)
Sebagai salah satu standardisasi komunikasi tanpa kabel. Jadi, infrared dapat dikatakan sebagai salah satu konektivitas yang berupa perangkat nirkabel yang digunakan untuk mengubungkan atau transfer data dari suatu perangkat ke parangkat lain. Penggunaan infrared yang seperti ini dapat kita lihat pada telepon genggam dan laptop yang memiliki aplikasi infrared. Ketika kita ingin mengirim berkas ke telepon genggam, maka bagian infrared harus dihadapkan dengan modul infrared pada PC. Selama proses pengiriman berlangsung, tidak boleh ada benda lain yang menghalangi. Fungsi infrared pada telepon genggam dan laptop dijalankan melalui teknologi IrDA (Infra red Data Acquition). IrDA dibentuk dengan tujuan untuk mengembangkan sistem komunikasi via inframerah.

Bidang keruangan

Infrared yang dipancarkan dalam bentuk sinar Infrared terhadap suatu objek, dapat menghasilkan foto Infrared. Foto Infrared yang bekerja berdasarkan pancaran panas suatu objek dapat digunakan untuk membuat lukisan panas dari suatu daerah atau objek. Hasil lukisan panas dapat menggambarkan daerah mana yang panas dan tidak. Suatu lukisan panas dari suatu gedung dapat digunakan untuk mengetahui dari zona bagian mana dari gedung itu yang menghasilkan panas berlebihann sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan.

 Bidang Industri

Lampu Infrared. Merupakan lampu pijar yang kawat pijarnya bersuhu di atas ±2500°K. hal ini menyebabkan sinar Infrared yang dipancarkannya menjadi lebih banyak daripada lampu pijar biasa. Lampu Infrared ini biasanya digunakan untuk melakukan proses pemanasan di bidang industri.
Pemanasan Infrared. Merupakan suatu kondisi ketika energi Infrared menyerang sebuah objek dengan kekuatan energi elektromagnetik yang dipancarkan di atas -273 °C (0°K dalam suhu mutlak). Pemanasan Infrared banyak digunakan pada alat-alat seperti, pemanggang dan bola lampu (90% panas – 10% cahaya).
Diatas adalah berbagai macam manfaat atau kegunaan Infrared pada beberapa bidang yang mungkin saja sebagian besar orang tidak mengetahuinya secara sadar padahal dekat dengan kehidupan kita sehari hari.
Tak hanya menyuguhkan pemanfaatannya saja, infrared memiliki keunggulan yang dapat kita simpulkan dari perbincangan kita diatas.

Kelebihan Infrared:

  • Pengiriman data dengan infra merah dapat dilakukan kapan saja, karena pengiriman dengan inframerah tidak membutuhkan sinyal.
  • Pengiriman data dengan infra merah dapat dikatakan mudah karena termasuk alat yang sederhana.
  • Pengiriman data dari ponsel tidak memakan biaya (gratis)

Kelemahan Infrared:

  • Pada pengiriman data dengan inframerah, kedua lubang inframerah harus berhadapan satu sama lain. Hal ini agak menyulitkan kita dalam mentransfer data karena caranya yang merepotkan.
  • Inframerah sangat berbahaya bagi mata, sehingga jangan sekalipun sorotan inframerah mengenai mata
  • Pengiriman data dengan inframerah dapat dikatakan lebih lambat dibandingkan dengan rekannya Bluetooth.

dianbil dari berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me