Jumat, 23 Oktober 2015

Langkah-langkah membangun jaringan komputer lab sekolah

hallo hallo semuanya *SKSD* kali ini saya mau ngeshare soal "Membangun Jaringan Lan di Lab komputer sekolah" bisa dikatakan ini adalah tugas studi kasus dari guru saya, dan saya mengerjakannya dengan imajinasi saya yg terbatas :'v langsung aja deuhh ...


disediakan oleh sekolah:
* 20 unit PC
* LAN
* Server

kebutuhan/alat-alat yang di butuhkan:
* kabel jaringan
* LAN Tester
* konektor
* tang Grimpig
* Swicth

langkah-langkahnya:
Pengaturan IP Address, Computer Name, dan Workgroup:

1.    Colokkan kabel UTP yang sudah   dikonfigurasi dengan kabel straight   ke port LAN card komputer pertama   Anda.Jika Anda menggunakan Windows   XP,buka Control Panel »» Network and   Internet Connections »» Network   Connections.Jika Menngunakan Windows   7 atau Vista, buka Control Panel.   Pada icon Network and Internet, klik   tulisan View Networks Status and   Task.

2.    Selanjutnya akan muncul   jendela Networks and Sharing Center.   Pada sisi sebelah kiri jendela ini,   klik tulisan Change Adapter Setting.

3.    Klik kanan pada Networkd Card   Anda dan pilih properties.

4.    Pada jendela Local Area   Connection Properties, pilih   Internet Protocol (TCP/IP) pada   Windows XP atau Internet Protocol   Version 4 (TCP/IPv4) pada Windows 7   dan Vista. Kemudian klik tombol   properties.

6.    Pada jendela properties yang   muncul, pilih opsi Use the following   IP Address dan isikan dengan ip add   yg anda maksud, misal:

   IP address         : 192.168.0.11
   Subnet mask    : 255.255.255.0
   Input yang tersisa bisa Anda       kosongkan.

7.    Klik OK untuk menyimpan   setting dan klik tombol OK juga      pada Local Area Connection      Properties

8.    Selanjutnya agar setiap   komputer tersebut bisa berhubungan,    maka Workgroup komputer-komputer   dalam setiap jaringan LAN tersebut   haruslah sama. Untuk itu, berikanlah   nama Workgroup yang sama pada setiap   komputer di LAN yang sama. Pada   kasus ini saya menggunakan Workgroup   LAN-1 untuk jaringan LAN 1, LAN-2   untuk jaringan LAN 2, LAN-3 untuk   jaringan LAN 3, begitu juga dengan   LAN lainnya. Caranya sebagai   berikut:

*Untuk pengguna Windows XP, bukalah  system Properties dengan mengklik  kanan icon My Computer dan pilih  properties. Anda juga menekan tombol  kombinasi keyboard Win + Break.

*Bagi Anda pengguna windows 7, caranya  sedikit sama yaitu buka system  properties dengan cara seperti pada  windows XP. Pada jendela yang muncul  klik tulisan Change Setting pada  bagian Computer name, domain, and  workgroup setting.

*Pada jendela System Properties, baik  Windows XP, Vista ataupun Windows 7,  klik tombol Change.
 Di jendela berikutnya berikan nama  untuk Komputer 1 dengan nama yang  diinginkan.

*Klik OK dan klik OK juga pada jendela  System Properties.Agar perubahan yang  baru Anda lakukan berpengaruh pada  system maka diperlukan proses  restart. Untuk itu retart komputer  Anda. Lakukanlah langkah-langkah yang  sama dengan diatas untuk melakukan  konfigurasi Network Card dan merubah  nama komputer serta workgroup pada  komputer lainnya. Namun, bedanya pada  setiap komputer memiliki IP address,  dan Nama komputer yang berbeda.

*Untuk mengetahui apakah komputer  tersebut sudah terhubung lakukanlanh  ping dari komputer 1 ke komputer 2  atau ke komputer seterusnya. Caranya  sebagia berikut:

Buka Command Prompt dengan    menekan tombol keyboard Win + R.

Pada CMD ketik perintah “ping<spasi>IP Address”. IP Addrees diisi dengan IP komputer yang ingin di ping. Jika Anda melakukan ping dari komputer 1, maka IP address diisi dengan IP komputer 2. Begitu juga sebaliknya.

Contoh perintah ping dari komputer 1 ke komputer 2:
ketikan ip addressnya lalu tekan enter, jika hasil 0% loss maka telah tersambung atau berhasil. tapi jika gagal 100% loss atau jawaban Reqwest Time out.

9.    Pada bagian TCP/IP address   isikan IP-nya, saran penulis   gunakanlah no IP seperti ini:   192.168.0.1 serta no subnet-nya :   255.255.255.0. No ini mungkin dapat   anda gunakan pada bagian SERVER

10.    Untuk No IP Cliennya anda isi   dgn no IP yg sama dgn SERVER,   kecuali pada bagian HOST ID-nya   atau/ nomer IP yg ada pada bagian   paling akhir, pada bagian ini anda   harus menggunakan nomer yg berbeda   antara komputer yg satu dgn komputer   yg lain. Setelah itu isikan no   Subnetnya sama persis dgn apa yg ada   pada Server.

11.    Setelah semuanya terisi anda   tinggal mengetes sambungan Jaringan   yang telah anda buat. Caranya anda   dapat menggunakan ComantPromt, yaitu   bukalah ComantPromt pada tampilan   utama ketik PING (spasi) NO IP (yg   ada pada masing-masing komputer).   Contoh : PING 192.168.0.2! Jika   berhasil maka setelah ditekan enter   akan ada jawaban: Repply from no ip   yg anda ping (& seterusnya). Jika   gagal maka akan ada jawaban Reqwest   time out, / mungkin juga ada pesan   yg lainya.

12.    Teslah semua Jaringan, dgn cara   yg sama seperti yang telah saya   sampaikan diatas. Jika semua   komputer telah terhubung dengan baik   maka anda dpt langsung sharing data   antar komputer serta (jika sudah   terkonek dgn internet ) maka anda   dapat langsung menikmati fasilitas   Internet.

13.    Selesai sudahlah kerja keras   kita dari tadi.





kurang lebih skemanya seperti ini:








guyyyyssss!!! ribet yaa? saya udah mikir sama berimajinasi yang simpel tapi... ahh sudahhla
okehh semoga bermanfaat, ngerti, dan gak bikin pusing :'v

3 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me