Rabu, 16 September 2015

Pertanyaan seputar WIFI

wah... kita ketemu lagi ternyata ^^ semoga gak bosen sama postingan author yang GAJE(?) :v yosh dari pada banyak cing cong langsung aja...





1. sebutkan spesifikasi dari wifi?   (jeli nios & aji)
Jawaban :
Sekarang ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu:
•802.11a
•802.11b
•802.11g
•802.11n

2. benda apa saja yang dapat mempengaruhi sinyal wifi?   (lana)
jawaban :
kramik, kertas, beton, bahan anti peluru, bahan yang mengandung perak, dan logam

3. apa kelebihan dan kekurangan wifi dibandingkan dengan jaringan nirkabel lainnya?  (usman)
Jawaban :
dari segi jangkauan  kisaran wi-fi  sekitar 300 meter dari simpul jaringan nirkabel. Sedangkan Bluetooth, di sisi lain hanya memiliki jangakauan sekitar 30 kaki atau hanya 10 meter
Perangkat Bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi. Kerja dari perangkat bluetooth sangat sederhana dan dengan demikian mereka tidak perlu dikonfigurasi. Pengguna hanya perlu mengaktifkan bluetooth agar bisa melakukan koneksi dengan perangkat bluetooth lain. Namun, wi-fi memerlukan beberapa konfigurasi. Untuk wi-fi jaringan diaktifkan, kita perlu menginstal router dan modem.

4. apa kelebihan wifi?  (riyan hidayat & dita)
Jawaban :
•Wi-Fi dikembangkan tanpa kabel dan menggunakan gelombang radio dengan frekuensi 2,4 GHz. Selain itu Wi-Fi dapat mengirim dan menerima kapasitas sampai 54Mbps.
•Wi-Fi menggunakan jalur akses jaringan / hot spot, dapat berkomunikasi ke semua komputer dan laptop.Wireless klien: PCMACIA / PC Card, Gateway, server, modem, router dan proxy.
•Memungkinkan LAN untuk digunakan tanpa kabel, biasanya mengurangi biaya penyebaran jaringan dan ekspansi. Ruang di mana kabel tidak dapat dijalankan, seperti area outdoor dan bangunan bersejarah, dapat menggunakan LAN Wireless.
•Harga Wi-Fi terus turun, membuat Wi-Fi merupakan pilihan yang sangat ekonomis mengenai jaringan

 5. bagaimana perkembangan wifi disetiap provinsi di indonesia?   (syahrul amin)
Jawaban :
perkembangan wifi saat ini cukup merata di setiap Provinsi di indonesia karena indonesia sedang menuju negara maju.

6. adakah perbedaan antara dua mode akses koneksi yang digunakan oleh wifi?   (timi)
Jawaban :
Perbedaannya yaitu pertama mode Ad-hoc / peer-to-peer yang artinya mode dimana komputer terhubung secara langsung hanya 2-3 komputer saja. Dan mode infrastructur yang artinya menggunakan Acces point  yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network) Wifi tersebut.

7. apa kelebihan dan kekurangan dari wifi hardware USB?  (elita)
Jawaban :
Keuntungan menggunakan USB Wireless Netwotk Adapter
1.    Bentuknya yang praktis dan dapat dilepas.
2.    Fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC.

Kekurangan Menggunakan USB Wireless Netwotk Adapter
Dengan supply power kecil dari USB port alat ini juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antena yang ditanam didalam kaper plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangakat ini.

8. media apa saja yang menggunakan fasilitas wifi?   (yayat & alga)
Jawaban :
seperti komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar, tablet, atau pemutar audio digital.

9. apa saja kekurangan wifi?   (eka & riska)
Jawaban :
•Adanya kelemahan yang terletak pada konfigurasi dan jenis enkripsi. Kelemahan tersbut diakibatkan karena terlalu mudahnya membangun sebuah jaringan wireless.
•Wired Equivalent Privacy (WEP) yang menjadi standart keamanan wireless sebelumnya dapat dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia gratis di internet.
•Penyaluran Gelombang dan keterbatasan operasional yang tidak konsisten di seluruh dunia.
•Konsumsi Power yang cukup tinggi jika dibandingkan dengan beberapa standar lainnya, membuat masa pakai baterai berkurang dan panas.
•Jaringan WiFi memiliki rentang yang terbatas. Sebuah router WiFi rumah mungkin memiliki kisaran 45m (150ft) indoor dan 90 juta (300ft) di luar rumah.

10. sebutkan dan jelaskan mode akses koneksi pada wifi?   (tika, ririn & novi )
jawaban :
•Ad-Hoc
Mode koneksi ini adalah mode dimana beberapa komputer terhubung secara langsung, atau lebih dikenal dengan istilah Peer-to-Peer. Keuntungannya, lebih murah dan praktis bila yang terkoneksi hanya 2 atau 3 komputer, tanpa harus membeli access point.
•Infrastructure
Menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

11. apa kepanjangan IEEE?   (tamam)
Jawaban :
Institute of Electrical and Electronics Engineers


12. mengapa pada wifi konsumsi power cukup tinggi yang dapat membuat masa pakai batrai berkurang dan panas? (tatang)
Jawaban :
Karena pada saat laptop atau komputer terhubung dengan wifi otomatis kinerja nya akan tinggi sehingga membuat baterai cepat habis dan laptop/komputer kita cepat panas

13. perbedaan wifi AP (acces point) dan wifi AP router?   (yuli)
jawaban :
wifi access point (AP) berperan sebagai pusat koneksi atau terminal penyambung bagi wifi clien sedangkan wifi AP router adalah perangkat access point yang diberi fitur tambahan seperti fungsi rooting.NAR dan DHCP server.

14. apa kelebihan dan kekurangan dari mode koneksi ad-hoc dan infrastucture?  (hertiyanah)
Jawban :
Ad-hoc
kelebihan dari mode koneksi Ad-hoc atau sering disebut peer-to-peer keamanan jaringan nya lebih aman dan untuk harga nya lebih murah karena tidak memerlukan Access point untuk pembagi wifi nya.
kekurangan Ad-hoc adalah untuk pembagian data nya terbatas hanya bisa untuk 2-3 client saja.

Infrastructur
kelebihan dari mode koneksi infrastructur yaitu pada pembagian data nya bisa untuk banyak client karena menggunakan Access point.
kekurangan nya harga lebih mahal karena harus menggunakan Acces point, kabel, dan modem nya.

15. apa pengertian wifi secara teknis oprasional?   (yanti)
Jawaban :
Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang bekerja pada jaringan dan perangkat WLAN (wireless local area network)

16. apa yang dimaksud dengan ad-hoc ? (jahidin)
Jawaban :
Jaringan Ad-hoc adalah salah satu jenis dari Wireless Local Area Network (WLAN) yang terdiri dari sekumpulan node-node yang berkomunikasi satu sama lain secara langsung tanpa melibatkan node perantara seperti access point.

17. apa kepanjangan dari PCI dan apa fungsinya ?   (wahyudin)
Jawaban :
kepanjangannya yaitu Peripheral componnent Interconnect
dan fungsi nya Slot PCI yang lama bisa di gunakan untuk berbagai keperluan seperti untuk pemasangan Tv tuner, Sound card,USb card dll.

18. mengapa Vic hayes di juluki sebagai bapak wafi?   (bahri)
jawaban :
karena perannya dalam membangun dan memimpin kelompok kerja IEEE 802.11 standar wirelles local area network dan karena itu di juluki sebagai bapak wifi

19. kenapa wifi menpunyai sejarah keamanan yang berubah ubah ?   (johan)
jawaban :
karena sistem enskripsi pertamanya yaitu WEP terbukti mudah ditembus lalu kemudian WPA 2 ditambahkan sebagai protocol yang lebih berkualitas lagi.

20. Berapa panjang Jangkauan maksimal wi-fi yang ada di dunia ?   (alan)
Jawaban :
Titik akses (atau hotspot) seperti itu mempunyai jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan.

21. wimax bekerja pada frekuensi berapa ?   (ade)
Jawaban :
3,5 GHz

22. apa itu metode koneksi infrastructure dalam mode acces koneksi wifi? (sepriana)
Jawaban :
yaitu metode koneksi menggunakan Access Point yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me